Cara Memblokir Nomor SMS Penipuan

cara memblokir sms penipuanCara Memblokir Nomor SMS Penipuan-Halo sobat pemburukuis, selamat hari Jumat. Semoga hari ini semakin banyak berkah dan kebaikan yang kita lakukan. Sob, pernah ga ada massage/ pesan masuk ke ponsel kita minta tranfer uang, minta pulsa dll? Ini adalah salah satu modus penipuan. Modus ini berantai. Dalam artian, satu SMS akan dikirimkan ke banyak nomor ponsel. Sialnya, kalau yang menerima SMS tersebut tidak sadar dirinya masuk perangkap penipuan kan berabe.

Sudah Banyak korban yang berjatuhan gara-gara SMS penipuan tersebut. Mulai dari diminta mentranfer pulsa sejumlah nominal tertentu ke beberapa nomor sampai disuruh tranfer uang ke pelaku.

Kalau kita terima SMS penipuan atau semacamnya, jangan biarkan begitu saja. Kita bisa memblokir nomor tersebut sehingga tidak lagi bisa melancarkan aksinya.
Caranya? Gampang banget.

Cara Memblokir SMS Penipuan

1. Buat pengguna kartu TELKOMSEL
SMS ke 1166 dengan format: penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan
COntohnya : Penipuan#0812456908#selamat anda menang mobil dari Telkomsel poin

2. Buat pengguna kartu XL
SMS ke 5883 dengan format: Lapor#Nomor yg di gunakan utk menipu#kasus yg di keluhkan

3. Buat pengguna kartu INDOSAT
SMS ke 726 dengan format: SMS(spasi)Nomor pengirim SMS penipuan(spasi)isi SMS penipuan

4. Layanan SMS tersebut gratis. Jika sudah ada lebih dari 2 orang pelapor, nomor tersebut akan diblokir permanen oleh pihak operator.

5. Bagaimana jika kita mengalami penipuan transaksi online
Jika sobat mengalami penipuan dalam transaksi jual beli secara online, bisa kirim email ke cybercrime@polri.go.id. Isi e-mail adalah kronologi kerjadian dan nomor rekening penipu. Polri kemudian akan mengambil tindakan dan memblokir ATM si penipu. Selanjutnya akan dilakukan tindakan sesuai hukum yang berlaku.

Demikian sob, semoga lebih berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan yang ada. Dan jangan berdiam diri ya, bantu sobat yang lain biar tidak jadi korban penipuan dengan memblokir nomor tersebut. Berbagi itu indah.

sumber: halopolisi.com

Advertisements