Tips Aman Bertransaksi Di Mesin ATM

tips aman bertransaksi di atmTips Aman Bertransaksi Di Mesin ATM-Sobat pemburukuis, udah pada siap-siap mudik tho? Semoga persiapannya lancar dan mudiknya berjalan sesuai rencana. Pada kesempatan ini, pemburukuis ga akan bagikan info kuis. Tapi kita mau ngomongin tips aman bertransaksi di ATM. Tips ini dirangkum dari berbagai sumber. Harapannya, semoga kita lebih berhati-hati dan dijauhkan dari segala modus kejahatan di sekitar ATM.

Tips Aman Bertransaksi Di ATM

1. Tutup area keyboard Ketika Kita Memasukkan Nomor PIN
Ini adalah salah satu anjuran resmi yang diberikan oleh pihak bank bila kita bertransaksi
di mesin anjungan tunai mandiri. Ok lah bisa saja waktu kita transaksi lagi sepi, tidak ada yang antri. Tapi kita harus waspada karena kejahatan perbankan sekarang makin canggih. Bisa saja di mesin ATM yang sedang kita pakai dipasangi kamera tersembunyi oleh kawanan penjahat? Jadi, biasakan menutup area keyboard ketika kita input nomor PIN.

2. Usahakan menggunakan mesin ATM yang ada di Bank
Ketika bertransaksi di ATM, usahakan di mesin ATM yang berada di lingkungan/area bank. Hal ini paling tidak  bisa memberi kita rasa aman dan nyaman. Kenapa? Kalau kita bertransaksi di jam kantor, ada security dan petugas bank. Jika terjadi trouble, kita langsung teriak dan bantuan akan segera datang.

3. Ganti PIN secara berkala
Ketika pertama kali dapat ATM, pihak Bank langsung meminta kita untuk mengganti nomor PIN standartnya. Dianjurkan untuk tidak menggunakan PIN yang mudah ditebak, menggunakan tanggal lahir, dll. Ini merupakan tips resmi yang sangat direkomendasikan oleh pihak Bank. Mengganti PIN secara berkala memang cukup merepotkan buat yang suka lupa. Namun ini sangat berguna ketika sewaktu-waktu kartu kita hilang entah dimana?

4. Jangan beritahukan nomor PIN kepada siapapun
Bahkan pihak Bank melarang anda untuk memberikan data rahasia pribadi seperti nomor PIN kepada petugas bank? Nomor PIN merupakan rahasia kita. Jangan sampai orang lain tahu untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

5. Catat nomor customer care resmi pihak Bank
Modus kejahatan perbankan makin menggila. Ada yang nempel nomor customer care palsu di mesin ATM untuk menjebak konsumen, ada yang mengganjal mesin ATM dengan korek api sehingga seolah kartu tertelan, dll. Nanti kita bahas terpisah. Ada baiknya, kita mencatat nomor customer care resmi dari pihak Bank. Umumnya berupa nomor cantik yang terdiri dari 5 angka.
Harapannya ketika kita mengalami kejadian tak terduga di ATM, seperti ATM tertelan, kita ga usah panik dan bingung ga karuan. Langsung kontak customer care dan minta blokir kartu ATM kita. Beres. Ga perlu nanya orang di sekitaran ATM yang bisa saja sindikat yang hendak memperdaya kita.

6. Usahakan menghindari mesin ATM yang sepi dan kelihatan tak terawat
Pernah ga nemuin mesin ATM yang sudah burem, banyak debu dan seolah tak pernah dimaintenance? Usahakan dech jangan gunain tu mesin ATM. Bisa saja memang rusak tapi ga ada pemberitahuan minimal berupa kertas yang menginfokan kalau ATM rusak atau memang ada problem lain. Takutnya, mesin ATMnya sudah “dimainin” oleh oknum penjahat.

Itulah beberapa tips aman bertransaki di ATM. Harapan pemburukuis, jangan sampai dech kita mengalami kejahatan di area ATM. Ada yang mau menambahkan tipsnya?

Semoga berguna.

Advertisements