Hati-Hati! Inilah Modus Penipuan Yang Sering Terjadi Di ATM

Hati-Hati! Inilah Modus Penipuan Yang Sering Terjadi Di ATM-Sobat pemburukuis, menyambung artikel sebelumnya, kali ini kita akan ngomongin modus penipuan atau kejahatan
yang sering terjadi di ATM. Ada banyak modus penipuan yang marak di sekitar kita dan beberapa diantaranya sudah berhasil dibongkar oleh aparat yang berwajib. Beberapa modus kejahatan tersebut kami rangkum disini. Harapannya jangan sampai kita jadi korban kejahatan/ penipuan di ATM. Dan kita lebih teliti dan berhati-hati ketika bertransaksi di mesin ATM.

Modus Penipuan Di ATM

1. Modus kejahatan dengan hipnotis
Ini adalah salah satu modus kejahatan yang marak di masyarakat. Apalagi di bulan Ramadhan ini ketika perputaran uang begitu tinggi. Modus hipnotis di ATM biasanya terjadi ketika kita mengalami masalah dengan kartu ATM, seperti ATM tertelan. Ketika calon korban panik, pelaku kejahatan mendekat dan berpura-pura menawarkan bantuan. Ingat kalau sampai ini disertai
dengan tepukan atau tindakan fisik lain menyentuh bagian tubuh, bisa jadi anda masuk perangkap hipnotis. Atau ketika sedang antri di ATM, tahu-tahu pengantri di belakang main tepuk pundak anda, berpura-pura memberitahu sesuatu? Menurut banyak info yang beredar, modus hipnotis banyak memakan korban kaum perempuan.

2. Modus penipuan nomor call centre palsu
Pernah ga terlintas di pikiran kita kalau nomor customer care di ATM itu palsu? Barangkali kita tidak pernah berpikir sampai ke situ. Namun, pelaku kejahatan sudah melakukannya. Mereka mengambil/ membuang nomor call center resmi dan mengganti dengan sticker/ tempelan nomor panggilan darurat/ call center abal-abal. Gimana tahunya no call center di ATM itu asli atau palsu? Gampang sob. Coba lihat bagian belakan dari kartu ATM kamu. Di bagian pojok kanan/ kiri/ di bagian lain, akan ada nomor call center yang bisa kamu hubungi bila terjadi keadaan darurat. Lalu liat call center di mesin ATM. Sama? Kalau tidak berarti mesin ATM tersebut sudah dimodifikasi oleh para penjahat. Lebih baik jangan gunakan mesin ATM tersebut. Cara ini bisa kamu gunakan jika menggunakan mesin ATM dari bank yang menerbitkan kartu ATM kamu. Oleh karenanya disarankan untuk menggunakan ATM yang berada di area bank atau ATM dari bank penerbit kartu ATM.

3. Modus kejahatan skimming
Ini salah satu modus canggih di dunia perbankan sob. Penjahatan menggunakan sejumlah peralatan alat pemindai magnetik/ biasa disebut skimmer, dudukan slot di mesin ATM, dan camera. Alat skimmer dipasang di mulut mesin ATM. Nah, Alat ini memindai data calon korban ketika melakukan transaksi di mesin ATM. Dengan demikian, para penjahat dapat mengakses data ATM calon korbannya. Kemudian, mereka memindahkan data yang berhasil dicuri tadi ke dalam kartu ATM palu bikinan sendiri untuk digunakan bertransaksi.

4. Modus mengganjal Mesin ATM
Pelaku kejahatan bisa saja menaruh sesuatu entah berupa korek api/ kawat pada slot kartu di mesin ATM. Akibatnya, kartu ATM terperangkap dan tidak bisa ditarik. Ketika calon korbannya panik, mereka datang dan berpura-pura menawarkan bantuan. Mereka bisa menyamar sebagai teknisi/ mengatakan pernah mengalami kejadian serupa atau beragam alasan lain  untuk meyakinkan calon mangsanya. Bisa jadi kita diminta memasukkan nomor PIN sementara mereka mengawasi. Ingat kalau sudah minta nomor PIN artinya udah ga bener. Pihak bank saja tidak pernah meminta nomor PIN. Lha ini orang lain? Kalau menghadapi situasi seperti itu, jangan hiraukan orang tersebut. Hubungi call center bank anda. Tapi ingat jangan sampai pembicaraan anda diketahui orang lain karena biasanya pihak call center menanyakan beberapa data rahasia. Tapi, pihak call center bank juga tidak pernah minta anda menyebutkan nomor PIN.

5. Modus Penipuan ATM dengan penukaran Uang palsu
Beberapa waktu lalu, modus ini berhasil diungkap. Pelaku kejahatan berpura-pura minta bantuan calon korban untuk mentranfer ke nomor rekening tertentu. Alasannya bisa karena salah tranfer, dana tidak cukup, dll. Sebagai gantinya, pelaku menyerahkan sejumlah uang
senilai nominal yang ditranfer. Jika anda mengalami hal seperti ini, berhati-hatilah. Kemungkinan itu adalah uang palsu.

Jangan lupa share ya. Semoga berguna.

Advertisements