Rupa-Rupa Modus Penipuan Di Facebook Yang Harus Diwaspadai

modus baru penipuan di facebookRupa-Rupa Modus Penipuan Di Facebook Yang Harus Diwaspadai-Sobat pemburukuis, media sosisal Facebook sekarang sudah menjadi bagian dari pergaulan dan gaya hidup. Kalau tidak punya FB dibilang tidak gaul. Nah, pesatnya pertumbuhan penggunaan Facebook ternyata diiringi pula dengan tingginya angka penipuan yang berlangsung di media sosial tersebut. Beberapa waktu yang lalu ada yang tertipu dengan foto profil teman FB. Di profil fotonya tampan/ cantik, ternyata….?

Ujung-ujungnya duit melayang atau barang berharga hilang dan lain-lain. Nah, itulah yang mau kita bicarakan di sini. Tentang modus penipuan terbaru yang marak di Facebook.

Modus Penipuan Di Facebook

1. Modus penipuan berkedok “cinta” di Facebook
Seperti yang disinggung di atas, seringkali kita menemukan akun FB dengan foto profil yang keren, tajir. Kalau cowok tampangnya ganteng. Kalau cewek super cantik. Belum dengan embel-embel tambahan yang relatif membuat orang terpana dan terpesona dalam sekali tatap. Meminjam istilah lagu Dangdut, pandangan pertama bikin “klepek-klepek” Jika kamu menemukan akun seperti itu dan meminta untuk jadi teman di FB, silahkan berhati-hati. Dalam banyak kasus, modus semacam ini digunakan oleh gerombolan penjahat untuk memperdaya korbannya. Kalau sudah jadi teman, kemudian menyatakan cinta dan minta uang, barang, dll dengan berbagai alasan, siap-siap saja kalau mau masuk perangkap. Apalagi kamu belum pernah bertemu langsung. Kalau ngajak ketemuan? Kamu juga harus waspada karena bisa saja pelaku merencanakan niat jahat saat ketemuan tadi. Lebih aman kalau ketemuan di tempat terbuka dan relatif aman. Dan usahakan untuk tidak sendirian. Modus berkedok cinta di Facebook ini ujung-ujungnya adalah soal uang, menguasai harta-benda. Yang lebih parah adalah tindakan asusila yang sampai berujung pada pembunuhan. Memang ada beberapa akun yang orangnya sesuai dengan foto profil tapi, kembali lagi kita harus waspada. Jangan mudah terbuai janji manis di dunia maya.

2. Modus penipuan investasi
FB seringkali bisa dimanfaatkan secara positif. Taruhlah contoh untuk jualan online. Akan tetapi, FB bisa juga dimanfaatkan untuk penipuan berkedok investasi. Mendengar kata investasi tentu orang akan tertarik. Apalagi dengan tawaran keuntungan atau bagi hasil yang sanggat menggiurkan. Nah, kalau sobat mendapatkan tawaran investasi di FB dengan return melebihi batas yang wajar dari OJK? Hati-hati, bisa saja itu adalah bentuk penipuan. Setelah kita menempatkan sejumlah dana, pengelola investasi mungkin untuk beberapa bulan akan memenuhi janji manisnya. Dan tra…la…kemudian tidak bisa dihubungi lagi dan uang anda lenyap entah kemana tanpa ada yang bisa dimintai pertanggung-jawaban. Akun menghilang, alamat palsu..

3. Penipuan bermodus Money Game
Facebook sangat mungkin dimanfaatkan pelaku bisnis kotor money game untuk menjalankan aksinya. Katakanlah tawaran menggiurkan sejenis MLM. Kita ditawari bayaran yang menggiurkan bila bisa merekrut orang untuk bergabung. Semakin banyak yang kita rekrut, penghasilan akan semakin berlimpah. Modus kejahatan ini awalnya akan berjalan sebagaimana yang dijanjikan. Tapi biasanya, setelah beberapa bulan akan macet. Karena itu, waspadalah terhadap tawaran menggiurkan berkedok MLM dan sejenisnya di FB.

4. modus penipuan lowongan kerja
Setiap tahunnya, ada banyak lulusan sekolah yang tidak langsung bisa kerja. Lihatlah ketika ada bursa lowongan kerja, ada ribuan pelamar. Padahal yang dibutuhkan hanya puluhan orang. Nah, peluang ini dimanfaatkan oleh para penjahat di FB. Mereka menawarkan lowongan kerja resmi buat para pelamar. Begitu korban tertarik dan melamar pekerjaan, pihak penjahat akan langsung merespon. Pelamar ditawari gaji yang aduhai dan berbagai fasilitas yang menarik. Korban yang terperdaya kemudian akan diminta sejumlah uang untuk tes wawancara di luar kota. Nah kalau pelamar langsung mentranfer, tamat dah. uang melayang dan pekerjaan tidak didapat.

Sobat pemburukuis, itulah beberapa modus penipuan yang seringkali kita temukan di Facebook. Masih banyak modus lain yang berkeliaran di Facebook. Oleh karena itu, hendaknya kita tidak mudah percaya dengan tawaran manis nan menggiurkan di FB. Apalagi kalau kita tidak kenal siapa itu orangnya. Ingat, apa yang berlebihan itu biasanya tidak baik. Dan kejahatan terjadi karena  ada niat dan kesempatan. Waspadalah…

Advertisements