Parah…Modus Penipuan Mengatasnamakan Indosat Via Telepon

modus penipuan mengatasnamakan indosat ooredooParah…Modus Penipuan Mengatasnamakan Indosat Via Telepon-Sobat pemburu kuis, dua hari yang lalu, salah seorang teman, sebut saja namanya Intan, mengabarkan kalau dirinya ditelepon oleh orang yang mengaku dari pihak Indosat. Penelepon mengatakan kalau Intan terpilih sebagai pemenang dari Undian Indosat dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 2 juta rupiah. Pihak penelpon yang mengaku dari Indosat kemudian mengatakan bahwa uang akan segera ditranfer ke rekening. Untuk itu, Intan ditanya apakah mempunyai rekening bank atau tidak. Ketika dijawab ada, pertanyaannya lanjut ke Bank apa.

Nah, begitu disebutkan nama banknya, penelpon mengatakan bahwa Intan harus segera ke ATM Mandiri terdekat untuk mencairkan uangnya. Untuk lebih meyakinkan Intan, penelpon mengatakan kalau ini bukanlah penipuan. Intan diminta untuk ke ATM dan jangan pernah melakukan tranfer. Kalau tranfer, otomatis uangnya akan berkurang dan itu pasti penipuan.. Ketika Intan bertanya apa yang harus dilakukan ketika sudah di ATM, si penipu mengatakan kalau Intan nanti akan dipandu langsung supaya dapat mencairkan uang hadiah. Kemudian Intan diminta untuk mencatat nomor aktivasi yang diberikan.

Berikut kira-kira percakapan antara Intan dan penipu.

Si penipu: “Ibu tidak usah takut. Ini bukan penipuan. Kantor kami ada di Jakarta. Saya akan memberikan kode aktivasi yang akan ibu gunakan ketika ke ATM. Untuk itu silahkan dicatat”.

Intan: “OK pak, sudah dicatat”.

Penipu: ” Baik kalau begitu, di dekat tempat ibu ada ATM Mandiri? Uang hadiah hanya bisa dicairkan lewat ATM Mandiri.”

Intan: “Ada pak ATM Mandiri”

Penipu: “Kira-kira berapa lama Ibu bisa ke ATM Mandiri terdekat?”

Intan: “kira-kira lima menit”

Penipu: ” Baik kalau begitu, Ibu segera ke ATM Mandiri. Telpon tidak perlu ditutup karena kami rekam.”

Intan kemudian mematikan telpon. Tapi tak berapa lama, si penipu menelepon lagi dan mengatakan sambungan telepon jangan diputus.

Apakah yang terjadi kemudian? Intan yakin bahwa ini adalah modus penipuan. Oleh karenanya, dirinya tidak menggubris lagi si penipu dan mematikan telpon tersebut. Penipu menelpon lagi dan mengatakan kalau Intan tidak usah takut karena ini bukan penipuan. Intan tidak akan diminta melakukan tranfer. Ketika Intan mendesak apa yang harus dilakukan ketika sudah di ATM, penipu mengatakan akan memandu supaya uang hadiah bisa cair. Intan kemudian mematikan lagi HPnya.

Sobat pemburu kuis, untung Intan sadar kalau dirinya masuk perangkap dan tidak meladeni si penipu.

Cerita dari Intan ini pemburu kuis angkat di sini karena di luar sana masih banyak penipuan sejenis. Mengaku dari operator A, B atau C dan mengatakan kalau yang ditelpon menang undian. Nyatanya modus semacam ini masih berhasil memperdayai beberapa korban.

Mari kita analisa sedikit.
Dari awal, ini sudah terlihat janggal. Dari awal, penipu hanya menyebutkan kalau Bapak/Ibu menang undian Indosat. Kemudian baru menanyakan dengan siapa bicara. Ini aneh. Karena kalau kita menang undian, pihak penyelenggara pasti bisa menyebut dengan tepat nama lengkap kita atau nomor Identitas dan jenis undian yang kita ikuti.
Yang kedua, penipu memberikan kode aktivasi dan meminta calon korban segera ke bank terdekat. Pertanyaannya adalah untuk apa kode aktivasi tersebut dan kenapa harus langsung ke ATM? Berdasarkan sharing beberapa teman, kode aktivasi ini bisa berfungsi untuk mengetahui nomor rekening kita. Lha kalau nomor rekening sudah ketahuan, nomor HP kita yang aktif sudah ketahuan, pencuri bisa membobol nomor PIN kita lho. Kemudian memanipulasi saldo kita seolah-olah saldo rekening kita bertambah sesuai jumlah uang hadiah yang disebutkan. Ujung-ujungnya rekening kita bisa bobol.

Intinya, jangan mudah percaya kalau ada telpon mengabarkan kalau kita menang undian dan diminta segera ke ATM agar uang bisa cair. Tidak semudah itu. Kalau menang undian, ada prosedur yang harus diikuti, perlu verifikasi data dan lain sebagainya.

Nah, kalau anda penasaran check dulu deh kebenarannya ke Indosat. Bisa datang langsung ke gerai Indosat terdekat atau telpon ke customer care.

Untuk pengguna IM3 Ooredoo & Mentari Ooredoo bisa menghubungi 185 (berbayar, Rp 400/panggilan)
Telepon Rumah: +6221 3000 3000/+6221 5438 8888
Informasi Produk & Layanan: 186 (mesin penjawab, gratis)
Email: CS@indosatooredoo.com
Twitter: @IndosatCare
Layanan Pelanggan

Demikian sobat pemburu kuis, semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa share ya… Have a nice weekends….

Advertisements