Begini Cara Cairkan Insentif Prakerja Lewat Gopay

cara cairkan insentif kartu prakerja lewat gopay

Sobat pemburukuis yang ikutan Prakerja pastinya tahu kalau diharuskan untuk memilih metode pencairan insentifnya. Begitu kamu kelar daftar dan tes matematika, tes kemampuan dasar masih harus nunggu informasi apakah lolos atau tidak. Biasanya kalau masih tahap evaluasi, ketika kamu buka dashboar prakerja akan ada informasi kalau permintaanmu sedang dievaluasi. Kalau sudah waktunya pengumuman Prakerja, ketika kamu login ke dashboard langsung ada notifikasi untuk menghubungkan Prakerja dengan akun bank. Ada 4 pilihan yang disediakan oleh Prakerja yaitu tranfer ke BNI, Gopay, OVO dan LinkAja.

Sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, kamu wajib memilih salah satu pilihan pencairan. Kalau kamu pilih pencairan insentif ke Gopay, pastinya kamu harus punya akun Gojek. Yang harus digaris bawahi dengan tebal adalah, alamat email dan nomor yang kamu gunakan untuk daftar Prakerja harus sama dengan yang terdaftar di Gojek. Lha, kalau ga sama bisa banyak kendala. Paling parah ya itu ditolak alias tidak bisa menggunakan Gopay untuk mencairkan insentif Prakerja. Pastikan pula, akun GoPaymu sudah verifikasi jadi GoPay Plus.

Cara mengubah akun Gopay menjadi Gopay Plus sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

-Siapin E-KTP
-Buka aplikasi Gojek di HP, lalu klik menu “Lainnya” di sebelah kanan atas (di deretn menu Gopay)
-ketuk “Upgrade ke GoPay Plus Gratis”, klik “Upgrade Sekarang”
-Unggah foto KTP dengan jelas lalu foto selfie dirimu pegang KTP
-Tunggu notifikasi akun Gopaymu jadi Gopay Plus

Kadang, kita gagal upgrate ke Gopay plus. Kebanyakan penyebabnya karena foto E-KTP tidak jelas. Karena itu pastikan foto KTP maupun foto selfiemu mendapatkan pencahayaan yang memadai. Berapa lapa waktu upgrade dari Gopay ke Gopay plus. Kalau lancar tidak sampai setengah jam sudah ada notifikasi akunmu berubah ke Gopay Plus.

Oh iya, jangan lupakan pula untuk mengaktifkan akun Gopaymu. Maksudnya, jangan sampai akun Gopaymu kosong melompong tanpa ada transaksi apapun selama 121 hari. Coz kalau kamu pilih Gopay untuk cairkan insentif Prakerja dan tidak ada transaksi selama itu, akun Gopaymu akan diblok dan kamu perlu ngurus ke Gopay untuk buka blokirnya. Ribet khan? Minimal Gopay kamu isi saldo Rp 20.000 an terus gunakan untuk transaksi Gofood, Goride, Gopulsa dan lain sebagainya.

Begitu kamu milih Gopay sebagai metode pencairan insentif Prakerja, usahakan untuk tidak berpindah ke lain hati. Maksudnya mau ubah ke metode lain. Bisa sih, cuma rada ribet. Bisa-bisa malah keblokir tuh Prakerja kamu.

Itu baru permulaan nyambungin akun Prakerja dengan akun Gopay yak. Nantinya, kalau kamu sudah kelar ikut pelatihan, webminar, test akan dapat jadwal insentif pencairan. Semakin cepat kamu mengikuti pelatihan dan menyelesaikan test, semakin cepat sertifikat Prakerja turun. Bila sertifikat sudah turun, tinggal tunggu jadwal insentif. Kamu akan dapat Rp 600.000 yang ditranfer setiap bulan. Jarak dari sertifikat turun dan jadwal insentif biasanya semingguan.

Pas hari H pencairan, kamu tinggal nungguin notifikasi dari Gojek kalau ada tranferan masuk Rp 600.000 dari akun Prakerja. Contohnya kalau pencairan tanggal 5 September, ya tungguin hari itu. Kalau ga siang atau sore biasanya sudah turun. Sabar wae.

Terus kalau insentif sudah cair ke Gopay, waktunya kamu tarik insentif tersebut. Kalau mau dibelanjain pakai Gopay ga masalah. Kalau mau tranfer ke Bank caranya gimana min? Gampang! Asalkan kamu ikutin langkah-langkahnya dengan benar pasti bisa.

Cara Tranfer Insentif Prakerja dari Gopay ke Rekening Bank:

-Buka aplikasi Gojek, klik “Lainnya”
-Pilih “Tarik”
-Pada bayar dan kirim pilih “Ke rek. bank”
-Pilih mau kamu tranfer ke rekening bank apa mau ke BRI, Mandiri, CIMB NIAGA, dll
-Isikan jumlah nominal yang mau kamu tarik dan nomor rekening bank lalu klik OK
-Biaya admin Rp 2.500 an, so pastikan uangmu mencukupi untuk tarik dan biaya admin
-Masukkan PIN Gojek
-Dan saldo insentif Prakerjamu langsung ditranfer ke bank tujuan

 

Advertisements