Cara Dapat BLT UMKM Rp 2,4 Juta Dari Pemerintah, Gratis Dan Tanpa Biaya

cara dapat BLT UMKM Rp 2,4 Juta

Cara Dapat BLT UMKM Rp 2,4 Juta-Sobat pemburukuis, di tengah pandemi ini Pemerintah meluncurkan banyak program bantuan untuk masyarakat. Ada Kartu Prakerja, bansos, Bantuan Presiden (Banpres) atau BLT alias Bantuan Langsung Tunai Rp 2,4 Juta dan masih banyak bantuan lainnya. Khusus Banpres Produktif atau BLT ini, disalurkan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah untuk para pelaku Usaha kecil mikro atau UMKM. Periodenya ternyata diperpanjang sampai akhir November 2020. Bahkan pemerintah telah menambah jumlah penerima BLT UMKM, dari 9 juta jadi 12 juta penerima.

Nah, yang bisa mengajukan BLT UMKM ini adalah para pengusaha mikro yang tidak sedang memiliki pinjaman di bank dan Kredit Usaha Rakyat (KUR). dan bukan termasuk anggota aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri, ataupun pegawai BUMN/BUMD.

Baca juga  Cara Cek Bantuan Pemerintah BPUM Di eform.bri.co.id/bpum

Cara Dapat BLT UMKM

1. Mendaftarkan diri ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) kabupaten/kota di wilayah masing-masing.
2. Calon penerima juga dapat diusulkan oleh Koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum
3. Atau dapat diusulkan oleh kementerian/lembaga, perbankan, dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.
4. Harus membawa persyaratan seperti nomor induk kependudukan (NIK), KTP dan bidang usaha.
5. Jika alamat usaha berbeda dengan alamat KTP, harus melampirkan surat keterangan usaha (SKU) dari desa tempat buka usaha

Kalau kamu memenuhi kriteria dan disetujui untuk mendapatkan bantuan BLT UMKM nantinya akan dapat SMS dari bank penyalur seperti BRI, BNI atau Bank Mandiri Syariah. Kamu tinggal mendatangi bank dengan membawa KTP, buku ATM, Surat pernyataan, surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM), dan/kuasa penerimaan dana banpres serta bukti SMS untuk ditunjukkan ke Bank. Bantuan ini akan disalurkan lewat rekening bank secara bertahap. Bila kamu belum punya rekening bank, segera bikin di BRI, BNI atau Bank Syariah Mandiri.

Baca juga  Cara Daftar BLT UMKM Secara Online

Tapi ingat, dana Bantuan BLT UMKM ini tidak bisa langsung dipakai. Kamu harus melengkapi semua syarat dokumen yang diminta termasuk surat pernyataan. Bila dokumen yang diminta belum lengkap maka saldo BLT UMKM akan ditangguhkan. Dan perlu ditekankan lagi, pencairan bantuan ini gratis atau tanpa pungutan biaya. Bila kamu dapat SMS bantuan BLT UMKM dan ternyata harus mentranfer sejumlah uang atau dimintai dana artinya itu penipuan. Bila dapat SMS dari BRI langsung datangi BRI. Begitu pula kalau dapat SMS dari BNI langsung ke BNI atau Mandiri Syariah. Jangan menghubungi orang lain atau pihak lain.

Baca juga  Cara Cek Dapat Bantuan Bansos Tunai Rp 300.000 Di cekbansos.siks.kemsos.go.id Cair Lewat PT POS

Selain dapat SMS Notifikasi, kamu juga bisa mengecek apakah dapat bantuan BLT UMKM lewat website eformbri.co.id/bpum. Atau artikel langkapnya dapat kamu baca di: cara cek bantuan pemerintah bpum di eform bri.co.id/bpum

Advertisements