Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 Gratis di pedulindungi.id/cek-nik

Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 Gratis di pedulindungi.id/cek-nik

Sobat pemburukuis, Vaksin Covid-19 sudah tiba di Indonesia. Kabar baiknya, pemerintah akan memberikan vaksin covid-19 secara gratis untuk masyarakat Indonesia dalam beberapa periode. Untuk periode pertama akan diprioritaskan tenaga medis, TNI, POLRI, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya. Dilanjutkan tokoh masyarakat/agama, pelaku perekonomian strategis, perangkat daerah sampai desa, guru/tenaga pendidik dari PAUD/TK sampai perguruan tinggi, aparatur kementerian/lembaga, aparatur organisasi perangkat Pemda, dan anggota legislatif. Baru kemudian masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, ekonomi dan masyarakat pelaku perekonomian lainnya. Untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19 nantinya dilaksanakan setelah adanya izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pemerintah juga telah mempermudah akses untuk cek apakah kamu terdaftar/ tidak sebagai penerima vaksin Covid-19 gratis. Kamu bisa cek di laman https://pedulilindungi.id/cek-nik. Buka link tersebut dan masukkan 16 diit NIK KTP kamu. Kemudian isi kode keamanan dan klik tombol ‘selanjutnya’. Selanjutnya akan muncul tampilan status apakah kamu terdaftar/ tidak sebagai penerima vaksin Covid-19 periode ini.

Selain cek di laman tersebut, penerima vaksin Covid-19 akan menerima SMS pemberitahuan dari Kementerian Kesehatan. Adapun pengirim pesan adalah “Kemenkes” atau “Kominfo” atau “Vaksin Covid-19” atau “PEDULI COVID”. Nah, jika kamu dapat SMS tersebut, kamu termasuk yang mendapat prioritas pertama. Bila dapat SMS, kamu wajib registrasi ulang secara elektrinik melalui aplikasi PeduliLindungi atau buka website pedulilundungi.id.