Cara Dapat BLT Anak Sekolah Rp 3,4 Juta, Cek melalui SiPintar https://pip.kemdikbud.go.id

cara dapat BLT Pelajar anak sekolah Rp 3,4 Juta

Sobat pemburukuis, di tahun 2021 ini, ada kabar gembira buat anak sekolah. Karena Pemerintah telah menganggarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) anak sekolah Rp 3,4 juta selama setahun. Siapa saja yang akan terima BLT anak Sekolah? Adapun mereka yang duduk di bangku SD/MI/Sederajat mendapatkan bantuan Rp 75.000 per bulan atau total Rp 900.000 setahun. Untuk pelajar SMP/MTs/Sederajat mendapatkan BLT sebesar Rp 125.000 per bulan atau total Rp1,5 juta setahun. Sedangkan untuk yang duduk di jenjang SMA/MA/Sederajat mendapatkan bantuan Rp166.000 per bulan atau total Rp 2 Juta setahun.

Nah, BLT buat pelajar ini akan diberikan selama 4 kali dalam tahun 2021 dimana pencairan dimulai bulan Januari, kemudian di bulan April, Juli dan terakhir di bulan Oktober 2021. Sama seperti BLT lainnya dari pemerintah, bantuan ini bisa diambil di bank BRI, Mandiri, BNI dan BTN.

Siapa saja yang dapat menerima bantuan BLT anak sekolah dan apa saja syaratnya? Yuk kita simak baik-baik.

Syarat pertama adalah orang tua murid harus punya Kartu Indonesia Pintar. Kemudian anak sekolah penerima BLT harus terdaftar di lembaga pendidikan formal (SD/SMP/SMA/SMK) dan non formal (PKBM/SKB/LKP) di daerah masing-masing. Terus penerima KIP juga mesti terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan.

Lantas bagaimanan dengan keluarga yang tidak punya KIP? Mereka tetap bisa dapat BLT pelajar dengan cara daftar ke lembaga dinas pendidikan terdekat. Jangan lupa bawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke lembaga dinas pendidikan terdekat.

Terakhir kalau siswa tidak punya KKS dan KIP tetap bisa daftar dengan syarat membawa Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW hingga kelurahan.

Jika ingin mengecek status BLT anak sekolah bisa cek melalui SiPintar https://pip.kemdikbud.go.id.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *