Cara Mandi Wajib Setelah Berhubungan Suami Istri

Cara mandi wajib setelah berhubungan suami istri dapat kamu awali dengan bacaan doa, lalu membersihkan area tertentu. Tentu saja dengan mengikuti kaidah yang berlaku untuk umat muslim.

Walaupun kelihatannya mudah, ternyata banyak umat muslim yang sampai detik ini tidak memiliki pemahaman lebih tentang Cara Mandi Wajib Setelah Berhubungan Suami Istri ini lo.

Padahal mengsucikan diri seperti ini sangat penting dan perlu dilakukan agar aktivitas ibadah lainnya dapat diterima kembali. Misalnya melakukan ibadah Shalat, atau bahkan membaca ayat-ayat suci Al-Quran.

Oleh karena itu agar ibadahmu menjadi sempurna, yuk pahami bersama dengan mempelajari semua teori yang sudah kami kutip dari NU Online berikut ini!

Cara Mandi Wajib Setelah Berhubungan Suami Istri

Cara Mandi Wajib Setelah Berhubungan Suami Istri

Setidaknya ada 9 tahapan yang dapat kamu lakukan sebelum dan setelah melakukan mandi wajib, antara lain:

  1. Membaca Doa Mandi Wajib. Adanya bacaan doa mandi wajib (Junub) ini menjadi pembeda dengan mandi biasa. Sementara itu, sebagai umat muslim harus menghafal dan membacanya dalam hati.
  2. Cuci Telapak tangan. Sebelum menyiram seluruh badan, bersihkan terlebih dahulu telapak tangan Anda sebanyak tiga kali.
  3. Sucikan Kemaluan dan area sekitar. Dengan menggunakan tangan kiri, segera bersihkan anggota kemaluan dan area sekitarnya sampai benar-benar bersih.
  4. Bersihkan Tangan Sekali lagi. Setelah tangan kiri membersihkan area kemaluan, maka diwajibkan untuk membersihkan kembali kedua tangan. Hal ini berguna agar anda terhindarkan dari najis. Caranya: cuci tangan menggunakan sabun sambil menggosok-nya, lalu bilas menggunakan air sampai benar-benar bersih.
  5. Lakukan Wudu. Silahkan berwudu layaknya anda akan melakukan ibadah shalat.
  6. Siram bagian kepala. Lakukan hal ini sebanyak 3 kali.
  7. Sela rambut dengan benar. Menggunakan jari-jari tangan yang sudah anda basahi dengan air bersih, segera sela rambut secara menyeluruh agar semuanya terkena air merata.
  8. Siram seluruh tubuh. Anda dapat mengawalinya dengan menyiram bagian sebelah kanan sampai merata, lalu melanjutkan-nya ke sisi kiri. Usahakan semuanya basah sempurna.
  9. Bersihkan anggota tubuh yang memang sulit di jangkau.

Dalam pemahaman yang saya ketahui, Cara Mandi Wajib Setelah Berhubungan Suami Istri ini harus dilakukan dengan sangat teliti.

Usahakan semua anggota badan, dari ujung rambut sampai bawah kaki terguyur oleh air. Sehingga upaya mengsucikan diri ini menjadi sempurna dan Anda terhindar dari najis.

Banyak manfaat yang akan kamu terima setelah melakukan mandi wajib. Terutama segala hal yang berkaitan dengan ibadah akan kembali diterima dan Anda terhindar dari najis.

Nah bagi sobat yang sampai hari ini tidak memahami doa mandi wajib, simaklah lafad yang sudah kami cantumkan sebagai berikut!

Doa Mandi Wajib

Di kutip dari CNN, doa mandi wajib setelah berhubungan suami istri yang dapat anda baca yaitu:

Nawaitu ghusla liraf’il hadatsil akbar minan nifasi fardhan lillahi ta’ala 

Sementara itu, gambaran penulisan untuk bahasa arab dari Doa mandi wajib ini ialah sebagai berikut:

Mandi wajib sendiri termasuk dalam upaya menghilangkan hadas besar, jadi ketika Anda tidak melakukannya, maka aktivitas ibadah pun kemungkinan tidak akan di jabah oleh sang kuasa.

Maka dari itu, mempelajari Cara Mandi Wajib Setelah Berhubungan Suami Istri sangatlah penting. Karena ini adalah bagian dari bentuk ibadah dan perlu diterapkan oleh semua umat muslim.

Nah agar tidak menimbulkan dosa saat berhubungan badan, pelajarilah Cara Berhubungan Badan Menurut Islam yang Benar yang sudah pernah kami share sebelumnya.

2 pemikiran pada “Cara Mandi Wajib Setelah Berhubungan Suami Istri”

Tinggalkan komentar