Cara Mandi Wajib Yang Benar Sesuai Ajaran Islam

Cara mandi wajib yang benar sesuai ajaran islam terbagi menjadi 3 berdasarkan penyebabnya yaitu: Karena Haid, Nifas, dan berhubungan intim. Sedangkan menurut bacaan doa, mandi wajib ini terbagi menjadi 4 macam yaitu: Karena ketiga faktor tersebut dan doa mandi wajib secara umum.

Adanya perbedaan doa dan faktor penyebab najis tentu menjadi pembeda. Sehingga Cara mandi wajib yang benar sesuai ajaran islam ini tidaklah sama, terutama dalam hal niat atau bacaannya.

Menyikapi faktor tersebut, setiap umat muslim wajib melakukan mandi wajib guna menyempurnakan ibadahnya. Tanpa adanya niat dan tata cara yang benar, maka ibadah yang kamu lakukan bisa menjadi tidak sah.

Tentu tidak ingin hal itu terjadi bukan? Oleh sebab itu, sebaiknya hafalkan masing-masing doa mandi wajib dan pelajari prakteknya yang benar sesuai ajaran islam.

Cara Mandi Wajib Yang Benar Sesuai Ajaran Islam

Tahapan mandi wajib yang benar menurut sunnah yang pernah Rasulullah SAW ajarkan kepada umatnya yaitu:

  1. Baca Niat atau Doa Mandi Wajib.
  2. Bersihkan Telapak tangan. Kamu bisa mencuci keduanya dan mengulanginya sampai 3x.
  3. Bersihkan pula area Najis menggunakan tangan kiri. Hal-hal yang sering membuat seseorang menjadi najis karena adanya hadats pada bagian tertentu. Biasanya meliputi: Area Kemaluan, ketiak, dubur, pusar, dan sela kaki. Oleh karena itu, segera bersihkan sampai kotoran benar-benar hilang.
  4. Cuci Kembali kedua Telapak Tangan. Setelah digunakan untuk membersihkan area Najis, segera bersihkan kembali tangan anda dan gunakan pula sabun.
  5. Mensucikan diri dengan air Wudhu. Gerakannya sama seperti kamu hendak melakukan ibadah shalat, dan baca pula doanya.
  6. Basahi bagian kepala sampai menyeluruh.
  7. Sela atau Usap rambut menggunakan jari. Ketika melakukan hal ini, sebaiknya celupkan terlebih dahulu jari anda ke dalam air bersih untuk membasahinya.
  8. Siram seluruh bagian kepala. Lakukan hal semacam ini sebanyak 3 kali.
  9. Guyur seluruh anggota tubuh. Untuk menyempurnakan gerakan ini, kamu bisa mengguyur dari ujung rambut sampai ke ujung paling bawah, yakni kaki. Usahakan pula agar semua kulit menjadi basah.
  10. Bersihkan semua anggota tubuh.
  11. Selesai.

Ketika sudah melakukan tata cara dari urutan pertama sampai ke tahap 9, langkah selanjutnya yaitu membersihkan semua anggota badan. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan sampo dan sabun mandi layaknya seperti mandi seperti biasanya.

Setelah itu, kini kamu sudah terhindar dari najis. Sehingga Kemungkinan besar shalat wajib dan ibadah lainnya akan kembali menjadi sah dan bisa diterima oleh Allah SWT.

Doa Mandi Wajib

Untuk menyempurnakan Cara Mandi Wajib yang Benar Sesuai Ajaran Islam, pemburukuis.com juga sudah membagikan niat saat akan melakukan mandi wajib. Bacaan doa ini perlu pula kamu pelajari supaya upaya ini menjadi lebih afdol dan tidak sia-sia.

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, Doa mandi wajib ini terbagi menjadi 4 kategori. Semuanya dibedakan menurut penyebabnya, yaitu:

1. Doa Mandi Wajib secara Umum

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Doa ini bisa berlaku untuk pria dan wanita. Jadi, ketika kamu menyadari sedang dalam keadaan najis, maka baca doa tersebut sebagai niat ketika hendak melakukan mandi wajib.

2. Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan Suami Istri

نَوَيْتُالْغُسْلَلِرَفْعِاْلحَدَثِاْلأَكْبَرِمِنَاْلِجنَابَةِفَرْضًالِلهِتَعَالَى

Doa yang satu ini perlu kamu baca setelah melakukan hubungan suami istri. Oleh karena itu, pelajari pula tata cara mandi wajib setelah berhubungan suami istri yang benar.

3. Doa Mandi Wajib setelah Haid

نَوَيْتُالْغُسْلَلِرَفْعِاْلحَدَثِاْلأَكْبَرِمِنَاْ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

4. Doa Mandi wajib setelah Nifas

نَوَيْتُالْغُسْلَلِرَفْعِاْلحَدَثِاْلأَكْبَرِمِنَاْ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

Tinggalkan komentar