Cara Transaksi Belanja COD di Tokopedia 2021

cara transaksi belanja cod tokopedia

Sobat pemburukuis, saat ini kalau kamu belanja di Tokopedia sudah bisa COD alias Cash On Delivery atau Bayar di tempat. Fitur ini mempermudah baik pembeli maupun penjual dalam melakukan transaksi jual beli barang. Khusus buat pembeli, ini semakin menambah opsi dalam pembayaran. Barang datang baru kita bayar. Makin enak khan sebagai pembeli?

Fitur COD alias Bayar di tempat ini hanya bisa pembeli nikmati jika penjual mengkatifkan fitur tersebut pada barang yang dijual. Kalau ga ya jangan harap bisa bayar di tempat. Fitur COD ini hanya bisa digunakan untuk pengiriman ke beberapa kota tertentu. Jadi tidak semua kota bisa melayani fitur ini. Namun, untuk kota-kota besar rata-rata sudah siap melayani COD.

Cara transaksi bayar di tempat ini prosedurnya hampir sama dengan transaksi online pada umumnya. B ila kamu mau coba transksi COD di Tokopedia, harus memperhatikan berapa ketentuan umum yang berlaku. Salah satunya adalah satu akun pembeli hanya bisa bertransaksi atau menggunakan fitur COD maksimal lima kali dalam seminggu dengan frekuensi maksimal dua kali sehari. Khusus pengguna baru untuk transaksi pertama hingga ketiga tidak dikenakan biaya tambahan terhadap transaksi dan untuk transaksi selanjutnya dikenai biaya layanan sebesar 2% dari total transaksi.

cara cod tokopedia

Apakah fitur COD di Tokopedia ini artinya bebas ongkir? Ga juga tuh. Kalau kamu menggunakan fitu COD Tokopedia, kamu tetap dikenakan biaya ongkos kirim dan kena biaya tambahan yaitu layanan COD. Tapi, tenang saja sob, biayanya terhitung bersahabat di kantong kok. Untuk harga barang yang bisa dibeli dengan fitur COD maksimal Rp 2,5 Juta dalam satu kali transaksi.

Penasaran bagaimana cara belanja online pakai sistem COD di Tokopedia? Yuk kita sama-sama kuliti bersama biar jadi jelas.

1. Cari Produk COD
Pertama-tama, tentu kamu harus mencari produk yang mau kamu beli. Dan pastikan bahwa produk tersebut punya fitur bayar di tempat atau COD. Biar lebih gampang pencarian item yang bisa di-COD, kamu ke menu filter, pilih penawaran kemudian pilih bayar di tempat. Nantinya, akan ditampilin tuh barang yang bisa dibeli secara COD ( akan ada logo bertuliskan bayar di tempat)

2. Lakukan Pembelian Produk
Proses selanjutnya adalah klik beli sekarang atau masukkan dalam keranjang jika kamu mau lanjutin cari barang lainnya. Jika sudah OK, kamu harus milih durasi pengiriman kemudian pilih COD.

3. Bayar di tempat kepada Kurir
Untuk pembayaran dilakukan setelah barang diterima. Nantinya kurir akan menghubungi nomor HP atau telepon kamu untuk konfirmasi pengiriman. Nah, siapin uang cash untuk bayar kepada kurir sesuai harga yang tertera. Teknisnya, kamu harus menyerahkan uang pembayaran kepada mitra kurir pada saat pesanan tiba di tujuan, sesuai dengan nomonal yang tertera pada faktur tagihan atau invoice.

Kamu nggak boleh tuh buka paket terlebih dahulu sebelum bayar ke kurir. Kalau mau retur? Jika kamu melakukan retur tanpa membuka kiriman, maka tidak perlu memberikan uang pembayaran ke kurir. Lain cerita kalau kamu sudah buka paket kiriman dan mau retur atau melakukan pengembalian barang. Maka kamu wajib membayar lunas kek kurir dan mengajukan komplain retur ke pusat resolusi Tokopedia. Untuk biaya layanannya tidak dapat dibalikin. ah bila retur dilakukan sudah sesuai ketentuan yang berlaku, Tokopedia akan nanggung ongkir dan pengembalian barang dari pembeli ke penjual atau sebaliknya. Jika dalam 2 bulan atau 60 hari pembeli melakukan pembatalan transaksi COD sebanyak 2 kali atau kamu selaku pembeli tidak di tempat saat kurir ngirim barang, mak fitur COD akan dinonaktifkan oleh Tokopedia.